PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA MAGIC ADDITION MACHINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 04 KAUR

Yesi,, Marinta (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA MAGIC ADDITION MACHINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 04 KAUR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh model Problem based learning (PBL) berbantuan mediamagic addition machine terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Materi penjumlahan siswa Kelas II SD Negeri 04 Kaur. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simpelrandom sampling, dimana sebuah populasi atau semesta dengan cara tertentu sehingga setiap anggota populasi dimana kelas II A sebagai Kelompok Eksperimen terdapat 20 siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan dan pada kelas II B sebagai Kelompok Kontrol terdapat 19 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui Tes dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negri 04 Kaur. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji “t” atau test “t”. Berdasarkan analisis data dengan hasil perhitungan menggunakan Uji “t”, dilihat dari hasil Uji Hipotesis yaitu dimana ttabel ditentukan dahulu df atau db = (N1 + N2) – 2 = (24 + 24) – 2 = 48 – 2 = 46. Berdasarkan perhitungan diatas, apabila dikonsultasikan dengan ttabel df 50 pada taraf signifikan 5 % yaitu 2,013. Maka thitung > ttabel ( 4,412 > 2,013) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, dengan rata-rata (mean) nilai hasil belajar post test kelas eksperimen yaitu 81 dan nilai hasil belajar post test kelas kontrol yaitu : 70 berada pada kategori sedang. jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem based learning (PBL) berbantuan media magic addition machine terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas II SD Negeri 04 Kaur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL) media magic addition machine dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:42
Last Modified: 11 Nov 2020 08:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item