EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

MALASARI, JUNITA (2020) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUNITA MALASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar PAI di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu dalam tinjauan efektifitas model aptitude treatment interaction (ATI) penelitian ini yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen berbentuk quasi eksperimen design type nonequivalent control group design. Polulasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 18 Bengkulu yang sejumlah 920 siswa. Sampel pada penelitian ini dua kelas terdiri dari 56 siswa. Faktanya menunjukkan rendahnya hasil belajar PAI siswa. Pada kelas VIII 6 dengan rata-rata nilai 69,46 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, 10 orang yg mencapai KKM, sedangkan pada kelas VIII 5 nilai rata-rata 60,89 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, dan yang mencapai KKM 7 orang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran PAI di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu yang menunjukkan bahwa kemampuan kerja sama, keaktifan dan hasil belajar PAI peserta didik masih relatif rendah. Sebagaai buktinya, nilai ulangan harian peserta didik yang rendah dengan ditandai banyaknya nilai yang dibawah KKM PAI di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu sebesar 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas VIII 6 yang diterapkanmodel aptitude treatment interaction (ATI) memperoleh nilai sebesar 80,53 dan standar deviasi 8,79 yang tidak diajarkan dengan model aptitude treatment interaction (ATI) sebesar 71,78 dan standar deviasi 10,53 dengan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pengunaan model aptitude treatment interaction (ATI) terbukti valid. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan, siswa setelah diterapkan model ATI dengan demikian penulis menyarankan jika ingin meningkatkan hasil belajar PAI maka hendaknya mengefektifkan model ATI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Aptitude Treatment Interaction (ATI), Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:27
Last Modified: 18 Dec 2020 03:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item