AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION PORTRAYED IN ENGLISH TEXTBOOKS FOR SECONDARY SCHOOL BASED ON 2013 CURRICULUM

Liya,, Peransiska (2020) AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION PORTRAYED IN ENGLISH TEXTBOOKS FOR SECONDARY SCHOOL BASED ON 2013 CURRICULUM. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
LIYA CD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan karakter di dalam buku teks bahasa Inggris dan bagaimana buku teks bahasa Inggris mengandung nilai-nilai karakter pendidikan ke dalam buku teks untuk sekolah menengah dengan judul buku "When English Rings A Bells" dan "Think Globally Act Locally". Penelitian ini menggunakan studi analisis konten untuk mengetahui kandungan karakter di dalam buku yang diterapkan. Analisis konten adalah metode menganalisis pesan komunikasi tertulis, verbal atau visual.Prosedur yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tabel ceklist dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter buku teks bahasa Inggris 1 berjudul "When English Rings A Bells" total frekuensi nilai karakter berdasarkan semester pertama yang muncul di buku teks 1 yaitu 73 kali atau persentase (39%). Nilai yang berhubungan dengan related to self adalah nilai yang paling sering muncul 40 kali. Kemudian, diikuti oleh yang terkait related to others yaitu muncuk 17 kali. Nilai-nilai lain seperti yang berkaitan dengan related to environment dengan kemunculan 13 kali dan nilai-nilai memiliki proporsi kecil yaitu nilai related to nation dan additional values, karakter tidak ada dalam buku teks bahasa Inggris 1 diwakili semester pertama yaitu nilai related to God. Dalam Buku Teks kedua berjudul "Think Globally Act Localally" frekuensi total nilai karakter berdasarkan semester pertama yang muncul dalam buku teks 2 adalah 115 kali atau persentase (61%), nilai yang berkaitan dengan related to self adalah nilai yang paling sering muncul yaitu dengan nilai 72 waktu. Kemudian, diikuti yang berkaitan dengan related to others sebanyak 31 kali. Nilai-nilai memiliki proporsi kecil terkait dengan related to environment, terkait dengan related to nation, terkait dengan related to god danadditional values. Temuan ini mengarah pada kesimpulan bahwa buku teks yang akan datang harus memperhatikan kurikulum nilai-nilai resmi 2013 untuk siswa kelas delapan dan sembilan sekolah menengah pertama mengandung banyak pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kurikulum, buku, karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:42
Last Modified: 18 Dec 2020 03:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item