PENGEMBANGAN HERBARIUM BOOK TUMBUHAN PAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI KELASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2020) PENGEMBANGAN HERBARIUM BOOK TUMBUHAN PAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI KELASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIP LENGKAP 3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan herbarium book tumbuhan paku sebagai media pembelajaran IPA untuk sisaw/i SMP/MTs. Untuk megetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media herbarium book tumbuhan paku sebagai media pembelajaran IPA. Desain media herbarium book di buat semenarik mungkin dan di lengkapi dengan herbarium (tumbuhan paku yang sudah di awetkan) dan di lengkapi dengan pelabelan herbarium. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap merencanakan penelitian, tahap pengembangan desain, tahap uji coba awal, revisi produk awal, uji lapangan terbatas, tahap revisi hasil uji, tahap lapangan terbatas, dan tahap produk akhir. Penelitian ini dibatasi pada tahap uji coba lapangan terbatas yaitu kelayakan dan respos siswa terhadap herbarium book tumbuhan paku. Instrument yang digunakan adalah angket validasi untuk kelayakan herbarium book tumbuhan paku dan angket respon siswa terhadap herbarium book tumbuhan paku. Subjek penelitian adalah 5 dosen Institut Agama Islam Negeri Bengkulu dan 1 orang guru mata pelajaran IPA SMP/MTs yang terdiri atas 2 dosen ahli bahasa, 1 dosen ahli materi dan 1 guru mata pelajaran IPA, serta 2 dosen ahli media. Dan uji respon 15 orang siswa kelas VII SMP/MTs. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kriteria kelayakan dan uji respon siswa terhadap herbarium book tumbuhan paku. Herbarium book tumbuhan paku yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase 86,66% & 73,40 (ahli bahasa), 86,25% & 88,75% (ahli materi), 78,25% & 86,25 (ahli desain/media) dengan kategori sangat layak, layak, dan sangat layak serta persentase dengan persentase respon 15 orang siswa 4,43 (kategori sangat setuju). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa herbarium book tumbuhan paku telah layak dan siswa setuju untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk SMP/MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Herbarium Book Tumbuhan Paku Sebagai Media Pemebelajran Ipa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:52
Last Modified: 18 Dec 2020 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item