EFEKTIVITAS METODE “ MEANINGFUL LEARNING” PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I (MODEL) BENGKULU

Osin,, Cintami (2020) EFEKTIVITAS METODE “ MEANINGFUL LEARNING” PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I (MODEL) BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi Osin PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya efektivitas metode belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak, kurangnya variasi mengajar yang di berikan oleh guru sehingga belajar hanya terkesan memberi ilmu tanpa ada penerimaan dan pengembangan. Tujuan penelitian untuk menguji ke-Efektifan suatu metode belajar. Metode yang diangkat pada penelitian ini disebut dengan metode Meaningfull Learning atau diartikan dengan Metode “Belajar Bermakna”. Menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan metode eksperimen. Bentuk desain penelitian true experimental design, desain yang dipilih adalah Posstest-Only Control Design. Rancangan penelitian kuantitatif ini terdiri empat tahap yaitu: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Eksperimen. Pengumpulan data melalui teknik penyebaran Angket, pemberian tes diakhir belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian thitung> ttabel (0,27>0,124) maka tolak H0 dan H1 diterima. Dengan melihat nilai sig (2 tailed) atau p value. Pada kasus di atas nilai p value sebesar 0,063 di mana < 0,05. Karena <0,05 (H0 ditolak dan H1 Diterima) dimana H0 (Metode Meaningfull Learning tidak efektif pada pembelajaran Aqidah Akhlak) sedangkan H1 (Metode meaningfull Learning efektif pada pembelajaran Aqidah Akhlak) maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan berdasarkan hasil uji t-test efektivitas Metode Meaningfull learning pada pembeajaran Aqidah Akhlak dikatakan efektif. Saran para guru diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini dengan baik dan metode meaningfull learning dapat digunakan sebagai metode belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pembelajaran Aqidah Akhlak, Metode Meanigfull Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:35
Last Modified: 18 Dec 2020 07:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item