PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

Ade,, Payosi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
file bakar skripsi ade payosi .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti, siswa kelas IV SD Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang, masih kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan kewarganegaraan hal ini juga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah dan mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar siswa kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan tes. Uji validasi yaitu dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas data dengan teknik Alfa Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan Separated Varians. Hasil dari penelitian ini, yaitu: bahwa dari hasil post test yang telah diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,9 dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu 72,2. Perhitungan uji-t pada posttest thitung (7,726) > ttabel(2,10092) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kenaikan pretest-posttest pada kelas eksperimen sebesar 19,6 sedangkan pada kelas kontrol kenaikan pretest-posttest sebesar 9,4 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima dan sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat peneliti buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:12
Last Modified: 19 Jan 2021 03:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5172

Actions (login required)

View Item View Item