NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Elza,, Anggita (2020) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Elza Anggita FIKS pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penanaman nilai pendidikan tidak hanya dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi dapat melalui media cetak dan elektronik, seperti televisi, radio, koran, majalah, karya sastra (novel, cerven). Novel dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai karakter, melalui novel secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research. Teknik pengumpulan data yaitu dengan analisis kepustakaan terhadap data-data primer dan didukung dengn data-data skunder. Setelah data-data terkumpul kemudian penulis analisis. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif dan metode analisis isi (content analysis) yaitu dengan menggunakan Metode Deskriptif dan Metode Content Analysis Hasil penelitan menunjukan bahwa di dalam novel Amelia karya Tere Liye terdapat nilai pendidikan karakter yaitu religius dan gemar membaca, dan revansinya bagi anak usia sekolah dasar yaitu meliputi tiga fungsi yang pertama fungsi spritual yaitu fungsi yang berkaitan dengan Agama, fungsi Psikologi yaitu fungsi yang berkaitan dengan jiwa dan fungsi Sosial yaitu fungsi yang berkaitan dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Amelia Karya Tere Liye, Relevansinya Bagi Anak Usia Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:12
Last Modified: 19 Jan 2021 03:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5173

Actions (login required)

View Item View Item