PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 SELUMA

Riza,, Pebrianti (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZA P.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Seluma masih bersifat konvensional. Maksud dari konvensional disini guru masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaikan materi kepada siswa. Dalam hal ini hanya gurunya saja yang aktif sedangkan siswa hanya duduk diam mendengarkan, ketika sang guru mengajukan pertanyaan siswa hanya diam tidak ada yang mencoba untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru tersebut. Pola pembelajaran seperti ini juga membuat anak kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan membuat nilai rata- rata siswa kelas VIII masih berada dibawah KKM. KKM yang ditetapkan oleh SMP Negeri 11 Seluma yaitu 70 tetapi pada kenyataannya nilai siswa rata-rata 53. Adapun siswa yang tuntas berjumlah 12 orang (18%) dari 66 orang siswa, sedangkan sebanyak 54 orang siswa kelas VIII (82%) belum tuntas. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: Apakah terdapat perbedaan Hasil Belajar Siswa antara menggunakan Metode Ceramah dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Seluma?. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode exsperimen semu (quasi exsperiment). Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantatif dengan rumus uji t (related varian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode ceramah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Seluma. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan Uji t dimana thitung = 3,014 > ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan db = 42 yaitu 2,021 (thitung = 3,014 > ttabel = 2,021), yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan Ho di tolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PAI, Metode Ceramah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:13
Last Modified: 19 Jan 2021 03:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item