PENGARUH MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD N 78 KOTA BENGKULU

Deka,, Wulandari (2020) PENGARUH MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD N 78 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan siswa memahami pelajaran yang disampaikan, hasil ujian pada pembelajaran Matematika yang belum mencapai KKM, dan guru belum menerapkan berbagai media yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa kelas III SDN 78 Kota Bengkulu dalam pembelajaran Matematika materi bangun datar dengan menggunakan media pembelajaran papan berpaku, yang terdiri dari dua kelas. Peneliti mengambil kelas III A dan kelas III B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan 30 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan pendekatan The Non-Equivalent Control Group. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan media pembelajaran Papan Berpaku pada kelas III. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar yaitu 79 dan kelas kontrol 71. Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar Matematika kelas eksperimen terdapat analisis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat: 3 siswa dikelompok atas/ tinggi (10%), 22 siswa dikelompok tengah/ sedang (73,3%), dan 5 siswa dikelompok bawah/ rendah (16,7%). Sedangkan pada kelas kontrol terdapat: 6 siswa dikelompok atas/ tinggi (20%), 19 siswa dikelompok tengah/ sedang ( 63,3%), dan 5 siswa dikelompok bawah/ rendah (16,7%). Dengan ttabel ditentukan dahulu df atau db = (N1 + N2) – 2= (30 + 30) – 2 = 58. Berdasarkan perhitungan diatas, apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 58 (60-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,001. Dengan demikian thitung > ttabel (4,129 > 2,001) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Papan Berpaku terhadap hasil belajar Matematika materi bangun datar siswa kelas III SDN 78 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Papan Berpaku Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:14
Last Modified: 19 Jan 2021 03:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item