PENGARUH PELAKSANAAN METODE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MUSLIM CENDIKIA BENGKULU TENGAH

PUTRI, ESTYANI PRANSISKA (2018) PENGARUH PELAKSANAAN METODE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MUSLIM CENDIKIA BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ESTYANIPbenar.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat Pengaruh Pelaksanaan Metode Drill terhadap Prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih dI MTs Muslim Cendekia Bengkulu Tengah. Tujuan Penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelaksanaan metode Drill terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII di MTS Muslim Cendikia Bengkulu Tengah. Jenis Penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa Terdapat perbedaan dari penggunaan metode drill dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII di MTS Muslim Cendikia Bengkulu Tengah. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan kelas eksperimen mencapai 87,50 %. Maka hasil yang diperoleh sangat signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata kelas A dengan kelas B. Nilai rata-rata kelas A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Drill lebih tinggi dibandingkan nilai kelas B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Perbedaan nilai ini menunjukkan bahwa penggunaan metode drill memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Muslim Cendekia Bengkulu Tengah, yang diperkuat dengan peningkatan nilai hasil pretest dengan rata-rata 47,08 menjadi 82,08 pada pasca test pada kelas ekperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Prestasi belajar, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:02
Last Modified: 12 Jan 2021 04:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item