STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN WADIAH PELAJAR BPRS ADAM BENGKULU DALAM MENINGKATKAN NASABAH DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Adam Kota Bengkulu)

Julyani, Nina (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN WADIAH PELAJAR BPRS ADAM BENGKULU DALAM MENINGKATKAN NASABAH DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Adam Kota Bengkulu). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nina pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah Pelajar BPRS Adam Bengkulu Dalam Meningkatkan Nasabah Dengan Analisis SWOT (Studi BPRS Adam Kota Bengkulu) Oleh Nina Julyani, NIM 1611140185 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan penerapan analisis SWOT yang dilakukan BPRS Adam Bengkulu untuk meningkatkan nasabah dalam menggunakan produk tabungan wadiah pelajar. Untuk mengungkapkan persolan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan penerapan analisis SWOT pada produk tabungan wadiah pelajar BPRS Adam Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan cara observasi, wawancara , observasi dan kepustakaan. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan BPRS Adam Bengkulu yang terdiri dari Bagian Marketing serta Senior legal. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa strategi pemasaran produk tabungan wadiah pelajar BPRS Adam Bengkulu dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu menggunakan Segmentasi, Targeting dan Positioning. Selain itu, dalam memasarkan produknya diterapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 4P yaitu Strategi Product (produk), Strategi Price (harga), Strategi Place (tempat) dan Strategi Promotion (promosi). Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT pada faktor internal dan eksternal menyatakan bahwa BPRS Adam Bengkulu berada pada posisi kuadran 1 (positif) yang mana menunjukan bahwa perusahaan memiliki kekuatan dari faktor internalnya dan memiliki peluang yang bagus dari faktor eksternalnya. Matriks SWOT menghasilkan empat alternatif strategi yaitu Strategi SO, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk serta mempertahankan kualitas pelayanan terhadap konsumen, Strategi ST, Mempertahankan ciri khas atau kelebihan yang dimiliki produk tabungan wadiah pelajar, Strategi WO, Menambah jumlah SDM dan meningkatkan kualitas SDM yang berkompeten dibidang pemasaran, Strategi WT, melakukan sosialisasi lebih aktif dan melakukan promosi pemasaran secara terus menerus terhadap produk tabungan wadiah pelajar serta meningkatkan fasilitas berbasis teknologi yang dapat memudahkan akses bagi nasabah. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tabungan Wadiah Pelajar, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Tabungan Wadiah Pelajar, Analisis SWOT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 03 Feb 2021 08:52
Last Modified: 26 Sep 2022 04:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5318

Actions (login required)

View Item View Item