PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V SD NEGERI 72 KOTA BENGKULU

Rabiatun, Nur (2021) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V SD NEGERI 72 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi nur.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nur Rabiatun, NIM: 1611240121. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas V SD Negeri 72 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Kasmantoni, M.Si, 2. Desy eka Citra, M.Pd Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn. Berdasarkan hasil observasi peneliti, proses pembelajaran yang terjadi di SDN 72 Kota Bengkulu khususnya di kelas V belum berjalan maksimal. hal ini dilihat dari model pembelajaran yang belum bervariasi, media pembelajaran masih terbatas dan kurang adanya penguatan yang diberikan guru. Siswa belum dilibatkan dalam penilaian keterampilan mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 72 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian diambil dari keseluruhan jumlah siswa di SD Negeri 72 Kota Bengkulu berjumlah 296 siswa. Sedangkan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 72 Kota Bengkulu berjumlah 53 siswa, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 72 Kota Bengkulu dengan persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 36,99 + 0,92X artinya setiap kenaikan nilai keterampilan mengajar guru, maka akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,92. Dengan demikian, maka diterima dan ditolak. Sedangkan kontribusi pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar PPKn siswa sebesar 90,25%, hal ini dilihat dari hasil koefisien determinasi dan sisanya 9,75% hasil belajar PPKn siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 03 Feb 2021 08:53
Last Modified: 03 Feb 2021 08:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item