PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 TEBAT KARAI KEPAHIANG

Yayah kartika, yayah (2021) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 TEBAT KARAI KEPAHIANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YAYAH KARTIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui adanya Pengararuh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tebat Karai Kepahiang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Hasil belajar siswa SMP 02 Tebat Karai Kepahiang tahun ajaran 2019/2020 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terrendah 75 telah mencapai ketuntasan dan telah mencapai ket7ntasan dan ratarata nilai 78’88% dengan criteria baik dengan persentase 100%. Dan hasil angket pola asuh demokratis orang tua tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai tertinggi 76 dan nilai terndah 53 dengan rata-rata 66,73 berada pada criteria sedang dengan persentase 78,26%. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fleld research) dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Penetapan populasi dan sampel di ambil dari seluruh siswa SMP Negeri 02 Tebat Karai, dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengumpulan data menggunakan data menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data di atas maka hipotesis regresi linier sederhana Dari output yang diolah melalui SPSS16 dapat diketahui bahwa thitung = 2.308 dengan nilai signifikan sebesar 0,31 pada taraf signifikansi 5% uji dua pihak dan df= n-2-1 = 20. Maka diperoleh sebesar 2,085. Maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan pola asuh demokratis terhadap hasil belajar siswa. Pola asuh demokratis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 20,2% dan sisanya yaitu 79,8 %, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:06
Last Modified: 04 Feb 2021 08:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item