STUDI KOMPARASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 52 KOTA BENGKULU

Winda, Ulpa (2021) STUDI KOMPARASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 52 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ULPA LENGKAP 1-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu, 1) untuk mengatahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa jenis kelamin lakilaki pada mata pelajaran Tematik di kelas V SDN 52 Kota Bengkulu, 2) untuk mengatahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa jenis kelamin perempuan pada mata Tematik di kelas V SDN 52 Kota Bengkulu, 3) untuk mengatahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasi belajar siswa pada mata Tematik di kelas V SDN 52 Kota Bengkulu dan 4) untuk mengatahui hasil uji komparasi motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin pada mata pelajaran Tematik di kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain peneltian descriptif kuantitatif dengan tipe regresi dan komparasi, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non pro-bality sampling. Teknik pengambilan samel dengan pendekatan sampel jenuh yang berjumlah 99 orang siswa SDN 52 Kota Bengkulu. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa jenis kelamin laki-laki pada mata pelajaran Tematik di kelas V SDN 52 Kota Bengkulu, berdasarkan hasil analisis regresi dengan menggunakan uji signifikansi uji-t parsial diperoleh thitung = 1,886, dan ttabel sebesar 1,682 ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai ttabel, 2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa jenis kelamin perempuan hal ini berdasarkan analisis regresi uji signifikansi uji-t parsial, diperoleh thitung = 2,776 dan ttabel sebesar 1,674 ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai ttable, dan 3) hasil analisis perbedaan motivasi belajar siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dengan hasil uji t test sampel (ujit) diperoleh thitung ˃ ttabel 3,52 ˃ 1,66) disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, sedangkan hasil analisis perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik berdasarkan berjenis kelamin laki-laki dan perempuan hasil analisis uji t test sampel diperoleh thitung ˃ ttabel 4,40 ˃ 1,66) terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi pengaruh, motivasi belajar dan hasil belajar ditinjau dari jenis kelamin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Feb 2021 01:58
Last Modified: 09 Feb 2021 01:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item