PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 38 BENGKULU SELATAN

Ellan, Satrio (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 38 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELLAN SATRIO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Picture and Picture, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Interaktif tipe Picture And Picture terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 38 Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III A dan III B SD Negeri 38 Bengkulu Selatan dengan jumlah 30 siswa kelas III A dan 30 siswa kelas III B. kelas III A merupakan kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran interaktif tipe Picture and Picture dan kelas III B merupakan kelas kontrol dengan model pembelajaran klasikal ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa dengan 20 item bernyataan sebagai data utama. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independen Sampel T Tes analisis berbantuan spss 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Interaktif tipe Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 38 Bengkulu Selatan. Hal ini terlihat pada ratarata skor angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen memiliki skor rata-rata pre test sebesar 53,17 dan skor rata-rata post test sebesar 68,17 pre test dan post test kelas eksperimen meningkatan sebesar 15, Sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata pre test sebesar 57,70 dan skor rata-rata post test sebesar 64,57 meningkat sebesar 6,87 pre test dan post test kelas kontrol meningkat lebih kecil dari pada kelas eksperimen. Dengan demikian peneliti menyarankan untuk meningkatkan motivasi belajar dapat menggunakan model pembelajaran Interaktif tipe Picture and Picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Picture and Picture, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:00
Last Modified: 09 Feb 2021 02:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item View Item