Penanaman nilai-nilai Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menegah Pertama Negeri 22 Kota Bengkulu

SAFITRI, AYU (2021) Penanaman nilai-nilai Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menegah Pertama Negeri 22 Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi Ayu Safitri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

,Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa masih banyak siswa yang memiliki akhlak yang kurang terpuji seperti siswa masih suka datang terlambat berjumlah 5 orang, kurang menghormati guru berjumlah 2 orang, merokok dilingkungan sekolah berjumlah 5 orang, tidak menggunakan seragam rapi berjumlah 3 orang, bolos pada jam pelajaran sekolah berjumlah 2 orang, malas piket kelas berjumlah 6 orang dan masih suka menggangu temannya berjumlah 5 orang. Dari beberapa persoalan yang muncul di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu, maka masalah yang diangkat bagaimana penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Metode pengumpulan data menunggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan pengolahan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : penanaman nilai-nilai akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu sudah berjalan dengan baik. penanaman akhlak siswa dengan cara menjadi teladan, pemberian nasehat, pembiasaan, dan hukuman. akhlak siswa sudah tergolong cukup baik disekolah tersebut. Adapun faktor yang mempengaruhi penanaman akhlak siswa dibagi menjadi 2 fakor pendukung adanya kegiatan IMTAQ dilaksanakan setiap hari jumat dan kerjasama yang dilakukan antar sesama guru dalam membina akhlakul karimah siswa, faktor penghambat adanya keterbatasan waktu, siswa kurang menyadari mengenai akhlak baik, Kurangnya perhatian orang tua, serta Lingkungan masyarakat khususnya lingkungan pergaulan. Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan dalam penanaman nilai-nilai akhlakul karimah siswa yakni memberikan nasihat, menjaga hubungan yang baik terhadap orang tua/wali siswa secara aktif dan guru selalu kerjasama dengan guru yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai, Akhlakul Karimah Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:24
Last Modified: 23 Feb 2021 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item