PENERAPAN STRATEGI BELAJAR TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 06 KECAMATAN LUBUK SANDI KABUPATEN SELUMA

Dika fitri yanti, Dika (2021) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 06 KECAMATAN LUBUK SANDI KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIKA (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: I. Dr. H. Zulkarnain Dali, M. Pd II. Dr. Ahmad Suradi, M.Ag Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui penerapan strategi belajar team accelerated instruction pada pembelajaran matematika di SD Negeri 06 Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi belajar team accelerated instruction pada pembelajaran matematika di SD Negeri 06 tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan desain penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi antar narasumber/responden. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan strategi belajar team accelerated instruction pada pembelajaran matematika di SD Negeri 06 Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma terdiri dari tahapan-tahapan yaitu: 1) Penempatan siswa dalam kelompok kecil berdasarkan nilai LKS yang telah dikerjakan sebelumnya; 2) Siswa belajar secara kelompok, dimana siswa mendiskusikan soal-soal dalam LKS yang dikerjakan sebelumnya, terutama soalsoal yang belum bisa dijawab dengan benar; 3) Dalam diskusi kelompok, siswa yang sudah bisa mengerjakan soal LKS dengan benar diminta mengajarkan teman kelompoknya yang belum bisa mengerjakan soal; 4) Setelah diskusi kelompok, guru menjelaskan soal-soal LKS yang kurang dipahami siswa; dan 5) Pada akhir pembelajaran, guru mengumumkan kelompok yang nilainya terbaik dan kelompok yang nilainya rendah. Sedangkan faktor pendukung dalam penerapan strategi belajar team accelerated instruction pada pembelajaran matematika, yaitu: 1) Siswa yang lebih pandai dengan aktif mengajarkan teman kelompoknya yang belum paham soal matematika; dan 2) Siswa yang semula pasif menjadi aktif belajar dikarenakan dorongan semangat dari siswa yang lebih aktif dalam belajar kelompok. Faktor yang menghambatnya yaitu: 1) Keterbatasan waktu pembelajaran sehingga ada kegiatan yang tidak selesai sesuai rencana guru; dan 2) Masih ada kelompok yang anggotanya pasif dalam kegiatan diskusi, sehingga hasil diskusi kelompok tidak maksimal. ix Kata kunci: Strategi Team Accelerated Instruction, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Team Accelerated Instruction, Pembelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:47
Last Modified: 24 Feb 2021 07:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item