Perbandingan Teori Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam

ARDIATI, LUCY (2021) Perbandingan Teori Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TESIS LUCY ARDIATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan di penelitian ini adalah perbandingan teori perkembangan kognitif anak usia dini Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta relevansinya terhadap pendidikan islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan teori perkembangan kognitif anak usia dini dari pemikiran Jean Piaget dan Lev Vygotsky, melihat persamaan dan perbedaan dari kedua ahli tersebut dalam hal perkembangan kognitif anak usia dini, serta untuk mengetahui relevansinya terhadap pendidikan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (libray reseacrh). Penelitian digunakan untuk memecahkan masalah dengan menganalisis data atau teori yang bersumber dari buku-buku. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa teori yang dikemukakan Jean Piaget dan Lev Vygotsky meliputi konsep gagasan pemikiran tentang perkembangan kognitif anak usia dini. Di dalam teori Jean Piaget dan Lev Vygotsky memiliki persamaan dan perbedan dalam masing-masing teorinya. Teori perkembangan kognitif anak usia dini Jean Piaget dan Lev Vygotsky memiliki relevansi terhadap pendidikan islam meliputi gagasan konsep pemikiran Jean Piaget dan Lev Vygotsky adalah anak terlibat aktif dalam proses perkembangan melalui interaksi sosial. Guru membimbing dan menuntun anak dalam proses perkembangan, proses perkembangan terjadi secara bertahap sesuai dengan usia anak. Proses perkembangan kognitif pada anak diperoleh tidak hanya dari sekolah (pendidikan formal) namun juga dari lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Jean Piaget, Lev Vygotsky, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Jean Piaget, Lev Vygotsky, Pendidikan Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:49
Last Modified: 24 Feb 2021 07:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item