PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 65 BENGKULU UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021

Surani, Gita Tri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 65 BENGKULU UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GITA TRI SURANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini kurangnya guru mengkombinasi metode ceramah dengan model pembelajaran, sehingga siswa kurang terlatih berpikir kreatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 65 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eskperimen Non-Equivalent Control Group Design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yakni terdiri dari kelas VIII A 20 siswa kelas eksperimen dan kelas VIII B 20 siswa kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket keterampilan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil angket keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VIII dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksprimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran mind mapping dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil angket keterampilan berpikir kreatif siswa dimana dari hasil uji “t” posttest kedua kelompok, diperoleh diperoleh sedangkan dengan df 40 pada taraf signifikan 5 % yaitu 2,02. Dengan demikian (2,82 > 2,02) yang berarti hipotesi (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh model terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di SMPN 65 Bengkulu Utara

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:51
Last Modified: 24 Feb 2021 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item View Item