AN ANALYSIS OF CLASSROOM INTERACTION TO DEVELOP SPEAKING ABILITY (Study at Eleven Grade Students of SMA Negeri 3 Seluma)

Mellany, Mellany (2021) AN ANALYSIS OF CLASSROOM INTERACTION TO DEVELOP SPEAKING ABILITY (Study at Eleven Grade Students of SMA Negeri 3 Seluma). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MELLANY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah interaksi didalam kelas dapat mengembagkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas SMA Negeri 3 Seluma. Tujuanya untuk menemukan bagaimana interaksi kelas bias mengembangkan kemampuan berbicara untuk siswa didalam pembelajaran materi bahasa Inggris. Didalam interaksi kelas mempunyai kategori untuk mengetahui interaksi siswa dan guru seperti tanda konteks, control guru, dukungan guru dan partisipasi siswa. Penelitian ini mengunakan mengunakan metode campuran. Pengumpulan data mengunakan lembar observasi( interaksi di dalam kelas antara guru dan siswa), wawancara, dan document. Penelitian ini mengambil populasi siswa dari kelas sebelas MIPA 3 SMA Negeri 3 Seluma. Setelah pengumpula data, peneliti menganalisis kategori interaksi didalam kelas berdasarkan teori Flanders, kategori dan mengklarifikasi jenis dari sepuluh interaksi selama proses pembelajaran dan pengajaran berdasarkan teori Flanders. Peneliti mengunakan data analisis berdasarkan pada teori Flanders yaitu proses kode, perencanaan dan analisis susunan angka. Penemuan dari penelitian ini menjelaskan bahwa interaksi didalam kelas mempunyai tiga bagian seperti tanda konteks, control guru, dukungan guru dan partisipasi siswa.. Didalam kategori guru berbicara mempunyai tuju kategori (menerima perasaan, memuji atau memberi semangat, menerima gagasan, memberi pertanyaan, memberi materi, memberi aturan dan mengkritik), siswa berbicara memiliki dua jenis kategori (respon berbicara dari murid dan permulaan berbicara murid) dan diam atau kebingungan. Data menampilkan bahwa interaksi didalam kelas lebih didominani oleh guru dibandingkan siswa selama prosesaktifitas berbicara didalam kelas. Faktor yang mempenagaruhinya adalah siswa masih tidak percaya diri ketika mereka berbicara dan sedikit pengetahuan tentang kosakata bahasa Inggris, ini menghambat siswa untuk aktif didalam kelas. Penelitian ini menyarankan kepada guru untuk mendukung siswa dalam kemampuan berbicara selama proses pengajaran dan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Dalam Kelas dan Kemampuan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:53
Last Modified: 25 Feb 2021 03:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item