Strategi Guru Dalam Mendidik Anak berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid 19 di paud alam mahira kota bengkulu

NOVITA DEWI, TIARA (2021) Strategi Guru Dalam Mendidik Anak berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid 19 di paud alam mahira kota bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TIARA BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi Tiara Novita Sari, NIM. 1611250022, dengan judul ” : Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu”. Pembimbing I: Deni Febrini, M.Pd M.Pd II: Septi Fitriana, M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, ABK, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi Dan hasil belajar mereka tersebut dapat dikatakan masih kurang maksimal, ini dibuktikan dari hasil belajar akhir anak ABK yang belum mencapai standar yang di inginkan. Berdasarkan hasil belajar tersebut perlu adanya peran dan pendekatan guru di PAUD Alam Mahira untuk lebih intensif dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatan yang tepat untuk membantu anak ABK dapat memberikan respon belajar yang baik Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana strategi guru dalam mendidik anak ABK Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu Apa saja faktor pendukung dann penghambat guru dalam mendidik anak ABK Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa strategi belajar dan mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK) di TK Alam Mahira Kota Bengkulu adalah dengan memberikan pembelajaran khusus dan pembelajaran melalui guru pendamping khusus, dengan sistem belajar home visit yang disesuaikan dengan orang tua anak serta terkhusus kepada anaknya, misalnya dengan seminggu 2 kali pertemuan, dan sebagainya. Faktor pendukung dalam pembelajaran anak ABK antara lain adalah: a) pihak sekolah masih berkomitmen untuk melaksanakan dan mendukung pembelajaran bagi anak ABK b) penyelenggaraan pembelajaran bagi anak ABK juga tidak terlepas masih ada anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di Alam Mahira, c) pemerintah kota masih mendukung terlaksananya program, d) guru-guru masih konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran bagi anak ABK, e) tersedia media pembelajaran yang dapat mendukung dalam proses KBM, f) adanya komunikasi yang baik antara guru dan orang tua. Faktor penghambat penyelenggaraan pembelajaran di di Alam Mahira Kota Bengkulu adalah: 1) masih ada sebagian orang tua yang kurang perduli terhadap pembelajaran bagi anak ABK, 2) media pembelajaran yang masih kurang, 3) kurangnya Guru Pendamping Khusus di sekolah ini, 4) kurangnya pengetahuan guru, 5) kurang konsistenya guru pendamping dalam memberikan pembelajaran bagi anak ABK; 5) sebagian orang tua belum konsisten dalam mendukung kegiatan pembelajaran untuk anak ABK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi guru, ABK, pandemi covid 19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 01 Mar 2021 02:22
Last Modified: 01 Mar 2021 02:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item