PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SD NEGERI 108 BENGKULU UTARA

ANGGRAINI, TIKA (2021) PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SD NEGERI 108 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap Tika Aggraini.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tika anggraini, Nim:1611240140, Skripsi “Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Tinggi Di SD Negeri 108 Bengkulu Utara”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Tasdris, IAIN Bengkulu. Pembimbing :1. Dr. Kasmantoni M.Pd; 2. Desy Eka Citra M.Pd. Kata kunci: Pelaksanaan Kurikulum 2013, Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas Tinggi Berdasarkan hasil obeservasi yang telah dilaksanakan di SD Negeri 108 Bengkulu Utara, yakni di kelas tinggi SD Negeri 108 Bengkulu Utara, kurangnya keaktifan dan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran pada pelaksanaan kurikulum 2013. pengajaran mata pelajaran matematika belum dilaksanakan secara optimal, Nilai kriterian ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 108 Bengkulu Utara yaitu 66,8. Nilai prestasi belajar yang didapat siswa di atas KKM hanya mencapai ±35% dari keseluruhan jumlah kelas tinggi. Bertujuan Agar dapat mengetahui pengaruh pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas tinggi di SD Negeri 108 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi di dalam penelitian adalah siswa kelas tinggi yang berjumlah 110 siswa dan SD Negeri 108 Bengkulu Utara, dengan sampel diambil secara undian dari siswa kelas tinggi yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel pada peneltian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas tinggi di SD Negeri Bengkulu Utara. Hal ini dapat dibuktikan perhitungan uji hipotesis yaitu hasil persamaan regresi linier sederhana adalah :Y = a + bX = 30,24 + 0,89, dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh pelaksanaan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas tinggi di SD Negeri 108 Bengkulu Utara

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kurikulum 2013, Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:17
Last Modified: 01 Mar 2021 04:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item