EMELIA, WEKA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
BAB I-V_WEKA EMELIA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi Weka Emelia, NIM. 1611240146, dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 33 Seluma. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu Pembimbing I: Wiwinda, M.Ag, Pembimbing II: Fatrima Santri Syafri, M.Pd.,Mat Kata Kunci : Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dari Prestasi yang dicapai siswa masih sangat kurang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) pada mata pelajaran matematika, dan berdasarkan hasil pengamatan ketika peneliti mengikuti kegiatan pembelajaran mMenunjukan bahwa: dalam penyampaian materi pada mata pelajaran matematika masih banyak yang cenderung bertumpu pada aktifitas guru yang menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan bertumpunya proses pembelajaran pada guru menimbulkan kurangnya penguasaan konsep serta kejenuhan pada siswa sehingga prestasi belajar matematika belum sesuai dengan KKM yang ditentukan di Sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Learning together terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika Pada Kelas IV Sekolah Dasar (SD) Negeri 33 Seluma? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pendekatan eksperimen dapat diartikan sebagai pendekatan penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SD Negeri 33 Seluma, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe learning together dengan tanpa Model pembelajaran kooperatif tipe learning together. Dengan dibuktikan dari hasil pengujian uji “t” diperoleh thitung = 2,673 sedangkan ttabel dengan df 38 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,024. Dengan demikian thitung > ttabel (2,673>2,024) yang berarti hipotesis kerja (Ho) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dengan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri 33 Seluma.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 08:24 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 08:25 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5455 |
Actions (login required)
View Item |