Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam

Sari, Anjeli Aliya Purnama (2021) Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Anjeli Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anjeli Aliya Purnama Sari, 2021. NIM. 1711250001. Judul Skripsi adalah “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam”. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Pembimbing I: Prof. Dr. Rohimin, M. Pd, Pembimbing II: Fatrica Syafri, M. Pd. I. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Agama Islam. Permasalahan di penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pendidikan anak usia dini melaui pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pendidikan anak usia dini melalui pendidikan agama Islam. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan data atau teori yang bersumber dari buku-buku. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Penerapan nilai-nilai moderasi beragama di PAUD saat ini sudah di laksanakan dalam pembelajaran namun belum secara jelas dan tegas, maksudnya disini belum spesifik mengajarkan tentang nilai-nilai moderasi beragama kepada anak karena didasari oleh pembelajaran yang mengatur tentang penerapan pembelajaran moderasi beragama. Bentuk dari nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada PAUD sudah di terapkan dimana bentuk nilai moderasi beragam disini ialah sikap yang di tanamakan kepada anak contohnya itu sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan yang beragama diantar, dengan mengenalkan 6 agama yang ada di Indonesia yaitu dengan mengenalkan nama-nama tempat ibadah mereka melalui miniature atau alat peraga edukatif seperti masjid, gereja, vihara, kelenteng, dan pura. Ketika memasuki tema negaraku anak juga dikenalkan nama Negara, suku, budaya, lambang Negara dan lain sebagainya. Serta pembiasaan akhlak mulia dalam kehidupan anak didik, yaitu jujur, sopan santun, toleransi, tanggung jawab, dan rendah hati. pengajaran tentang segala bentuk ibadah sehari-hari dan tata cara pelaksanaannya bagi anak, serta menceritakan kisah Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 02 Mar 2021 08:40
Last Modified: 02 Mar 2021 08:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5460

Actions (login required)

View Item View Item