IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU

DIAN CAHYA, INTAN (2021) IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Intan Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Intan Dian Cahya, Desember, 2020, Nim: 1611240115, Email: intandian12@gmail.com Judul Skripsi “Implementasi scientific approach dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Nurul Huda kota Bengkulu”, Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, Pembimbing I, Dr. Mus Mulyadi, M. Pd dan Pembimbing II, Elyyana, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi Scientific Approach Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskrisikan perencanan pendekatan saintifik pada mata peajaran akidah akhlak 2) untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak; 3) mendeskripsikan kendala dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Nurul Huda kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021 Penelitian ini dilaksanakan di kota bengkulu di MI Nurul Huda Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi .untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak MI Nurul Huda kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Yaitu, diwujudkan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dengan komponen-komponen RPP pada umumnya, telah mengimplementasikan pendekatan saintifik, terbukti dalam kegiatan inti pembelajaran adanya rencana kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan 2) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak MI Nurul Huda kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Pertama, tahap pelaksanaan ada lima proses yaitu a) mengamati, b) menanya, c) mengumpulkan, informasi/mencoba, d) menalar, e) mengomunikasikan, belum berjalan sepenuhnya 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak MI Nurul Huda kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021 diantaranya: a) faktor pendukung seperti adanya media dan sumber belajar serta antusias siswa; b) faktor penghambat seperti kesulitan dalam mencari strategi dan kekurangan waktu dalam mengajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Scientific Approach Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:09
Last Modified: 03 Mar 2021 03:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5467

Actions (login required)

View Item View Item