JASELMI, FITRIA (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENGGUNAAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS IV SDN 47 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
Fitri Skripsi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Fitria Jaselmi, NIM: 1611240191, 2020 “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Penggunaan Model Realistic Mathematics Education (RME) dan Model Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV SDN 47 Bengkulu Tengah”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I: Dr. H. M. Nasron HK, M.Pd.I, Pembimbing II: Rossi Delta Fitrianah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Realisctic Mathematics Education dan Teams Games Tournament, Hasil Belajar dan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika Penggunaan Model Realistic Mathematics Education (RME) dan Model Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV SDN 47 Bengkulu Tengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika penggunaan model realistic mathematics education (rme) dan model teams games tournament (tgt) siswa kelas IV SDN 47 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan ganda yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan SPSS 1.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model realistic mathematics education dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 47 Bengkulu Tengah. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Statistik uji: diperoleh Thitung pada Equal variances assumed = 2.134 dengan Probabilitas Value (Sig.) = 0.038. Kesimpulan: Berdasarkan hasil pengujian perbedaan rata-rata skor postes hasil belajar siswa diperoleh nilai Thitung = 2.134 > Ttabel = 2.00958, dengan nilai probalitas (sig.) = 0.038 < 0.05, maka H0 ditolak, karena terdapat perbedaan rata-rata skor postes yang signifikan antara siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa penggunaan model RME dan model TGT di kelas IV SDN 47 Bengkulu Tengah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Realisctic Mathematics Education dan Teams Games Tournament, Hasil Belajar dan Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 08:31 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 08:32 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5469 |
Actions (login required)
View Item |