PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU

NOPEA, FARDONA (2021) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Dona Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fardona Nopea, NIM. 1611240066, Judul Skripsi: Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing I: Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd, Pembimbing II: Dr. Basinun, S.Ag., M.Pd, Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA tema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku sekolah dasar negeri 66 Kota Bengkulu dapat ditingkatkan dengan menggunakan sumber belajar yang tepat salah satunya memanfaatkan sumber belajar berbasis lingkungan, sumber belajar berbasis lingkungan bahan-bahan yang dimanfaatkan dan diperlukan yang tersedia di lingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain peneltian ex post facto dengan pendekatan regresi linear sederhana pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas IVa yang berjumlah 27 siswa di SDN 66 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini membuktikan pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan (X) berpengaruh positif terhadap minat belajar mata siswa (Y). Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi linier sederhana (uji t parsial) yang diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 5,144 > 2,060 dengan standar error 5%, maka hipotesis (Ha) penelitian ini diterima, (Ho) ditolak. Atas dasar ini, temuan penelitian mengambarkan pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan berpengaruh terhadap minat belajar siswa mata pelajaran tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku sekolah dasar negeri 66 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pemanfaatan sumber belajar, minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan sumber belajar, minat belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:10
Last Modified: 03 Mar 2021 03:10
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5471

Actions (login required)

View Item View Item