PENGEMBANGAN KONSEP ADVERSITY QUOTIENT PAUL G.STOLTZ DALAM PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

MEFA, OVI ARIESKA (2020) PENGEMBANGAN KONSEP ADVERSITY QUOTIENT PAUL G.STOLTZ DALAM PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TESIS OVI ARIESKA MEFA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK . “PENGEMBANGAN KONSEP ADVERSITY QUOTIENT PAUL G. STOLTZ DALAM PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.” Penulis: Ovi Arieska Mefa Nim: 1811750006 Pembimbing: 1. Dr. Zubaedi M.Ag M.Pd 2. Dr.Husnul Bahri M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan konsep adversity quotient Paul G Stoltz dalam pendidikan islam anak usia dini. Pene;itian ini merupakan kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Temuan penelitian ini mengungkapkan konsep kecerdasan adversity quotient pada pendidikan islam anak usia dini. Adversity quotient atau ketangguhan diri akan sangat membantu untuk masa depan anak-anak dimasa depannya. Generasi problem solver (pemecah masalah) adalah kecerdasan yang harus dibentuk sejak usia dini, namun didasarkan dengan pendidikan islam agar anak-anak tetap menjadi insan yang berguna bagi sesama manusia, agama, dan negara. Anak usia dini yang dikenal dengan masa keemasan atau golden age adalah suatu kesempatan yang amat baik untuk menanamkan nilai-nilai dan membentuk generasi problem solver. Generasi prablem solver adalah suatu konsep yang sangat diperlukan dalam menciptakan generasi-generasi yang tangguh dimasa depan. Sejak usia dini anak ditanamkan nilai-nilai kesabaran, bersikap dan bersifat ikhlas, berpikir positif,bersyukur dan berikhtiar, serta bertanggung jawab. Generasi problem solver atau menyelesaikan masalah dilatih sejak dini agar anak dimasa depan sudah terbentuk untuk menghadapi dunia. Peran orang tua dan guru sebagai contoh dan panutan bagi anak maka harus konsisten dan komitmen agar anak menjadi tangguh dan menjadi generasi problem solver. Kata Kunci:Adversity quotient, PAUD, konsep pendidikan islam, problem solver.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Adversity quotient, PAUD, konsep pendidikan islam, problem solver.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:11
Last Modified: 09 Mar 2021 08:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5476

Actions (login required)

View Item View Item