PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDIT AL-QALAM BENGKULU SELATAN

TANJUNG, ASRO'I (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDIT AL-QALAM BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi asro'i.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture pada kelas IV SDIT AL-QOLAM Bengkulu Selatan. Dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture. Model picture and picture mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat mengakibatkan proses pembelajaran yang kurang optimal, sehingga materi yang disampaikan tidak tuntas. Untuk mencegah terjadinya hal itu seorang guru harus memiliki ide-ide yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan melakukan pendekatan dan menggunakan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dicapai apabila guru memperhatikan beberapa aspek, baik internal maupun eksternal Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas IV C dan IV D, berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan IV D berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel X yaitu model pembelajaran tipe picture and picture dengan motivasi belajar sebagai variabel Y. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Motivasi belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture di SDIT AL-QALAM Bengkulu selatan. Dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji “ t “ terhadap dua kelompok dengan hasil yang diperoleh , thitung = 2,012 sedangkan ttabel= 1,685954 dengan df taraf signifikan 5% . demikian thitung > ttabel ( 2,012 > 1,685954 )yang berarti hipotesis kerja Ha dalam penelitian ini diterima yaitu, motivasi belajar dalam mata pelajaran ips dikelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture lebih baik dari pada tidak menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture di SDIT AL-QALAM Bengkulu Selatan. Di buktikan dengan nilai rata-rata hasil motivasi belajar dalam mata pelajaran ips posttest kelas IV C lebih tinggi dibandingkan kelas IV D, yaitu posttest 87,5%> posttest 58,5%. Dengan demikian peneliti dapat menyarankan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS meningkatkan maka terapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model tipe picture and picture, motivasi dan pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:11
Last Modified: 09 Mar 2021 08:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item