IMPLEMENTASI PERMAINAN OUTBOND BLIND LEAD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI KABUPATEN EMPAT LAWANG

Yesti Erlenta, Dwi (2021) IMPLEMENTASI PERMAINAN OUTBOND BLIND LEAD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI KABUPATEN EMPAT LAWANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI YESTI ERLENTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi Dwi Yesti Erlenta, NIM 1516250018, dengan judul “Implementasi Permainan Outbond Blind Lead Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Kabupaten Empat Lawang”. Pembimbing I : Deni Febrini, M.Pd II : Septi Fitriana, M.Pd Kata kunci : Implementasi, Permainan Outbond Blind Lead, Sosial Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang peneliti lakukan di TK Pertiwi Empat Lawang ada beberapa anak yang belum mau mengikuti permainan outbond blind lead dalam mengembangkan sosial emosional belum dapat mengembangkan sosial emosionalnya secara maksimal karena masih banyak anak yang tidak bekerjasama dalam hal bermain secara berkelompok, anak masih banyak yang egois, tidak sabaran, masih ingin menguasai permainan sendiri dan masih suka marah-marah ketika tidak dapat memasukan bola ke dalam keranjang dan juga kurangnya stimulasi guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak dimana guru pada saat anak berusaha mendekati temannya yang sedang bermain. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Permainan Outbond Blind Lead Dalam Menstimulasi Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun TK Pertiwi Kabupaten Empat Lawang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Permainan Outbond Blind Lead Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik trigulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat penulis simpulkan bahwa Implementasi Permainan Outbond Blind Lead Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Kabupaten Empat Lawang sudah dilakukan dengan baik melalui permainan outbond blind lead, dalam permainan outbond blind lead anak dituntut di dalam permainan agar bisa bekerjasama dengan baik dengan rekan setim atau kelompok, kemudian berinetarksi dengan baik dengan rekan setimnya, serta bisa membantu kawan yang kesusahan. Proses interaksi sangat efektif diamati Ketika anak-anak sedang bermain, sikap menunjukkan minat atau kemauan terhadap permainan yang berkelompok atau bertim sudah terlihat mulai dari anak melakukan permainan. Terlihat hampir semua anak mau mengikuti proses permainan tersebut meski ada pembagian tim atau kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Permainan Outbond Blind Lead, Sosial Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:12
Last Modified: 09 Mar 2021 08:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item