PARADIGMA PENDIDIKAN GENDER PADA PEMBELAJARAN TEMA DIRIKU DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN

PATRILLA, RETI (2021) PARADIGMA PENDIDIKAN GENDER PADA PEMBELAJARAN TEMA DIRIKU DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RETI PATRILLA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reti Patrilla NIM 1711250078, 2021, “Paradigma Pendidikan Gender Pada Pembelajaran Tema Diriku Dalam Perspektif Al-Qur’an”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Islam Anaka Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pembimbing: 1. Deni Febrini, M.Pd, 2. Fatrica Syafri, M.Pd.I Kata Kunci: Pendidikan Gender, Pembelajaran Tema Diriku, Al-Qur‟an Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya ketidakadilan gender dalam dunia pendidikan. Masalah gender merupakan isu yang sering didiskusikan pada semua aspek kehidupan, termasuk di dalamnya pendidikan Islam. Istilah gender bukan hanya ditujukan kepada perempuan semata, tetapi juga kepada laki-laki. Secara faktual, perempuan mengalami posisi termarginalkan, sehingga pembahasan ini lebih banyak pada hak-hak perempuan. Sebaliknya, laki-laki dianggap berbagai orang yang memiliki tingkatan lebih tinggi di berbagai aspek kehidupan. Kesetaraan gender diharapkan dapat mendorong perubahan kerangka berfikir dalam berbagai segmen kehidupan sosial. Gender ditentukan oleh sejumlah faktor, diwujudkan, disosialisasikan, dan diimplementasikan melalui sosial dan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif literatur murni (library reseach) dan dengan menggunakan analisis ini dengan mengacu pada beberapa buku sebagai sumber data primer. Pertimbangan menggunakan metode ini adalah agar dapat mengungkapkan konsep-konsep yang terdapat dalam buku yang diteliti. Karena penelitian literer murni, maka tidak mengambil data dari lapangan, hanya sebatas mengambil literatur-literatur kemudia menganalisisnya untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Hasil penelitian dapat diperoleh adanya konsep pendidikan gender bagi anak usia dini yang berlandasan dalam Al-Qur‟an, bagaimana menerapkan pendidikan gender kepada anak tanpa adanya ketidakadilan gender, serta hubungan gender pada pembelajaran tema diriku. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan gender ini dapat kita terapkan pada anak sejak dini, Dimulai dari lingkungan keluarga, teman sebaya, dan sekolah. Pendidikan gender juga dapat diterapkan di dalam Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) di sekolah, dengan tidak membeda-bedakan antara anak laki-laki dan perempuan dalam semua hal. Dari hasil penelitian juga mengatakan bahwa pentingnya peran orang tua dalam menerapkan pendidikan gender di dalam keluarga, agar tidak ada ketimpangan antara ajaran di sekolah dengan di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Gender, Pembelajaran Tema Diriku, Al-Qur‟an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:12
Last Modified: 09 Mar 2021 08:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item