PROBLEMATIKA PENERAPAN BELAJAR DARI RUMAH ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA TANJUNG TEBAT KABUPATEN LAHAT

ANDIRA, AYU (2021) PROBLEMATIKA PENERAPAN BELAJAR DARI RUMAH ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA TANJUNG TEBAT KABUPATEN LAHAT. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
cd ayu.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayu Andira, (1711240006), Judul Skripsi : Problematika Penerapan Belajar Dari Rumah Anak Usia Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Tanjuung Tebat Kabupaten Lahat : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing I Dr. Zubaedi, M. Ag. M. Pd., Pembimbing II Wiji Aziiz Hari Mukti, M. Pd. Si Kata Kunci: Belajar Dari Rumah, Problematika. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui faktor penyebab problematika penerapan belajar dari rumah anak usia sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 Di Desa Tanjuung Tebat Kabupaten Lahat. 2) untuk mengetahui solusi dalam mengatasi problematika penerapan belajar dari rumah anak usia sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 Di Desa Tanjuung Tebat Kabupaten Lahat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Pada proses pembelajaran dari rumah guru mengalami masalah atau kendala pertama, masalah berkaitan dengan kompetensi guru, kedua, masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, ketiga, permasalahan orang tua yang tidak memiliki android, keempat kurangnya kerjasama orang tua dan siswa, kelima keterbatasan sarana dan prasarana; (2) Solusi yang untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran dari rumah adalah pertama, meningkatkan kompetensi guru menggunakan/mengoperasionalkan teknologi, kedua memberi bimbingan atau pendampingan anak secara kelompok atau individual, ketiga mengadakan penyuluhan kepada wali murid tentang pentingnya penggunaan android, keempat memberikan pengertian kepada orang tua tentang pentingnya kerjasama orang tua dan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Belajar Dari Rumah, Problematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:13
Last Modified: 09 Mar 2021 08:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item