PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SDIT AL AUFA KOTA BENGKULU

Puspita, Yesi (2021) PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SDIT AL AUFA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Yesi Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yesi Puspita 1611240126, “Proses Pembelajaran Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu”. Sripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakiltas Tarbiyah Dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pembimbing 1. Dr. Hj. Asiyah, M.Pd, 2. Dra. Aam Amaliyah, M.Pd. Kata kunci : Pembelajaran Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses pembelajaran inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu; (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Proses pembelajaran inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, guru pendamping kelas dan ABK (tunagrahita). Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data terdiri dari keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh hasil: (1) Proses pembelajaran inklusi untuk anakb erkebutuhan khusus (tunagrahita) pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SDIT Al Aufa dilaksanakan oleh guru kelas yang dibantu GPK. Tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran yang digunakan sama antara anak reguler dan ABK. Pada proses pembelajaran yang sedaangberlangsung, ABK tidak didampingi oleh guru pendamping khusus atau shadow teacher seperti pada sekolah inklusi lainnya. Evaluasi yang digunakan adalah tes secara tertulis dan lisan yang disesuaikan dengan kemampuan anak. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran inklusi pada mata pelajaran matematika ABK (tunagrahita) terdiri dari faktor anak, guru, dan lingku

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:18
Last Modified: 09 Mar 2021 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5496

Actions (login required)

View Item View Item