PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENCEGAH PAHAM RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU

CITRA DEWI, LIPIA (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENCEGAH PAHAM RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIPIA CITRA DEWI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lipia Citra Dewi, Nim 1611210034, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mencegah Paham Radikalisme Pada Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Pembimbing 1. Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd Pembimbing 2. Fatrica Syafri, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Upaya Mencegah Paham Radikalisme Guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk menerapkan pada keagamaan yang moderat agar dapat menghindarkan siswa dari paham radikalisme. Upaya ini diduga sudah dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Kota Bengkulu dengan mengembangkan kurikulum yang memuat materi-materi pencegahan paham radikalisme. Untuk itu permasalahan penelitian ini membahas tentang kegiatan mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah radikalisme di SMA Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Penelitian ini menghasilkan adanya Peran Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu yang telah mengajarkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menghindari dari paham radikalisme dan mengajarkan nilai-nilai toleransi materi aqidah agar siswa menjadi lebih baik dan diajarkan untuk berpengang teguh pada keyakinan memberikan arahan, motivasi dan keteladanan serta mendukung agar siswa menghindari paham radikalisme. Guru menjadi penengah diatas perbedaan pendapat. Guru menjadi teladan dalam hal toleransi dan berinisiatif mengadakan kegiatan keagamaan yang bermanfaat. Guru selalu mengevaluasi hasil belajar maupun kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Upaya Mencegah Paham Radikalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:18
Last Modified: 09 Mar 2021 08:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item