Pendidikan Multikultural Menurut Ki Hajar Deawantara Pada Anak Usia Dini

WIJIATI, MURIDIAN (2021) Pendidikan Multikultural Menurut Ki Hajar Deawantara Pada Anak Usia Dini. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MURIDIAN WIJIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan multikultural Ki Hajar Dewantara pada anak usia dini muncul karena kurangnya kajian yang membahas tentang penerapan pendidikan multikultural pada anak usia dini yang sejatinya pendidikan khas Indonesia yaitu berdasarkan dan bersumberkan pada budaya bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan multikultural menurut Ki Hajar Dewantara dan untuk mengatahui penerapan pendidikan multikultural pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif yaitu untuk menguraikan pendidikan multikultural menurut Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan multikultural pada anak usia dini menurut Ki Hajar Dewantara ialah suatu pendidikan yang bersifat menuntun tumbuh kembangnya kodrat anak, agar anak dapat menjadi manusia yang merdeka dan bahagia dengan mendapatkan seluruh haknya dengan mengutamakan latar belakang budaya peserta didik, menciptakan suasana belajar melalui permainan dan menggunakan metode pembelajaran sistem among serta menerapkan pendidikan multikultural pada tiga konsep pendidikan yaitu Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:19
Last Modified: 09 Mar 2021 08:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5505

Actions (login required)

View Item View Item