Pemikiran Mahatma Gandhi Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Nur Rohma, Fidyah (2021) Pemikiran Mahatma Gandhi Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIDYAH NUR ROHMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah konsep pemikiran Mahatma Gandhi tentang Pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan karakter pada anak usia dini. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan menurut Mahatma Gandhi dan relevansinya dengan pendidikan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku-buku, kemudian disusun serta menganalisa hasil teori atau data yang telah didapat dan mengacu pada data sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan saat melakukan pengumpulan data dalam penelitian kepustakaan yaitu menghimpun literatur yang berhubungan dengan pendidikan dan pendidikan karakter anak usia dini, mengklasifikan buku-buku berdasarkan sumber buku primer dan sekunder, mengutip pemikiran-pemikiran dan teori pendidikan dan pendidikan karakter anak usia dini. Teknik keabsahan data disini peneliti menggunakan triangulasi sumber yaitu melakukan analisis dan memadukan antara teori satu dengan teori yang lainnya sehingga mendapatkan kesimpulan yang relevan dengan pokok permasalahan. Teknik analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis yaitu analisis isi, analisis deskriptif, dan analisis induktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemikiran Mahatma Gandhi tentang pendidikan adalah menampilkan sifat-sifat terbaik secara menyeluruh yang ada didalam kepribadian seorang anak atau manusia, yaitu akal, tubuh dan jiwa. Dan memiliki relevansi terhadap pendidikan karakter pada anak usia dini, yaitu Pertama relevansi pendidikan menurut Mahatma Gandhi dengan pendidikan karakter yaitu sama-sama usaha untuk memberikan pembinaan kepribadian kepada anak/manusia terutama sifat dan sikap,tabiat dan moral atau tingkah laku. Kedua relevansi pendidikan menurut Mahatma Gandhi dengan 9 pilar pendidikan karakter anak usia dini yaitu sama-sama mendukung dan membentuk anak usia dini agar memiliki karakter sesuai dengan 9 pilar tersebut. Pilar 1 Cinta Tuhan dan Ciptaannya, pilar 2 mandiri, displin dan tanggung jawab, pilar 3 jujur, amanah dan berkata bijak, pilar 4 hormat, santun dan pendengar yang baik, pilar 5 dermawan, suka menolong dan kerja sama, pilar 6 percaya diri, kreatif dan pantang menyerah, pilar 7 pemimpin yang baik dan adil, pilar 8 baik dan rendah hati, pilar 9 toleran, cinta damai dan bersatu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, pendidikan karakter anak usia dini, Mahatma Gandhi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:32
Last Modified: 10 Mar 2021 07:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item