PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TABA (INDUCTIVE THINKING) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 19 SELUMA

OKTAVIA SYARI, VIVI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TABA (INDUCTIVE THINKING) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 19 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIVI OKTAVIA SYARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vivi Oktavia Syari. 2021. NIM: 1316241061 “Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerpen Dengan Menggunakan Model Taba (Inductive Thinking) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 19 Seluma”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tdris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: I. Dra.Hj. Rosma Hartiny, M.Pd, 2. Zulfikri Muhammad,Lc.M.S,i Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan apresiasi cerpen dengan menggunakan Model Taba (Inductive Thinking) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 19 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan Kelas yamg dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi.Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 19 seluma pada semseter 1 tahun ajaran 2019/2020 yang jumlah 28 siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Pada observasi dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kretia sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan nikai rata-rata dan presentase ketuntasannbelajar. Adapun hasil yang di peroleh untuk meningkatan aktivitas sebagai berikut. Aktivita guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor 32 dengan kreteri cukup. Dan meningkat pada siklus II rata-rata skor guru menjadi 43,5 dengan kreteria baik.Untuk Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 31 cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata 43,5 dengan kreteia baik.Kemudian Berdasarkan hasil belajar penelitian keterampilan apresiasi cerpen dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Taba (Inducive Thinking). Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 69.10 ketuntasan belajar 70 %, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79.10 ketuntasan belajar 80 %. Sehingga disimpulkan Model Taba (Inductive Thinking) efektif meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen Siswa Kelas V SD Negerei 19 Seluma. Kata Kunci: Apresiasi cerpen, Model Taba, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Apresiasi cerpen, Model Taba, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:08
Last Modified: 12 Mar 2021 03:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5527

Actions (login required)

View Item View Item