PERILAKU PEDAGANG AGROWISATA KEBUN TEH KABAWETAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM

HAFIDZ, MUHAMMAD (2020) PERILAKU PEDAGANG AGROWISATA KEBUN TEH KABAWETAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hafidz.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perilaku Pedagang Agrowisata Kebun Teh Kabawetan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Oleh Muhammad Hafidz, NIM 1611130035 Perilaku pedagang adalah suatu tanggapan atau reaksi pedagang terhadap rangsangan atau lingkungan yang ada di sekitar. Perilaku pedagang juga merupakan sebuah sifat yang dimiliki oleh setiap orang pedagang, untuk menangkap reaksi yang telah diberikan oleh lingkungan terhadap keadaan yang telah terjadi sekarang. Banyaknya perilaku pedagang, mengakibatkan juga banyaknya tanggapan tentang apa yang terjadi. Perilaku pedagang juga akan mempengaruhi harga yang ada pada pasar, terkait dengan apa yang telah disajikan oleh pemerintah atau isu yang telah berkembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perilaku pedagang agrowisata kebun teh Kabawetan ditinjau dari prinsip keadilan dalam bisnis Islam. Adapun tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui perilaku pedagang agrowisata kebun teh Kabawetan ditinjau dari prinsip keadilan dalam bisnis Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis data yang dilakukan sepanjang proses penelitian sejak peneliti memasuki lapangan untuk mengumpulkan data. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perilaku pedagang di agrowisata kebun teh Kabawetan belum memenuhi prinsip keadilan dalam bisnis Islam, karena di agrowisata kebun teh Kabawetan tidak ada kesepakatan antar pedagang dalam menetapkan harga. Dengan tidak adanya kesepakatan harga maka pedagang menjual makanan dan minuman kepada para pengunjung dengan harga yang tidak tentu, bahkan ada beberapa pedagang menjual dengan harga yang lebih tinggi. Hal tersebut membuat para pengunjung lebih memilih membawa makanan sendiri dari rumah, akibatnya barang yang dijual oleh pedagang tidak laku dan terjadi selisih paham antar pedagang. Kata Kunci : Perilaku Pedagang, Prinsip Keadilan dalam Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pedagang, Prinsip Keadilan dalam Bisnis Islam
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:19
Last Modified: 12 Mar 2021 03:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5531

Actions (login required)

View Item View Item