ANGELIA, YOLA (2021) PERANAN GURU, ORANG TUA DALAM MENCEGAH BULLYING DAN MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 GUNUNG AGUNG TENGAH KOTA PAGAR ALAM. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
COVER SKRIPSI ANGEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Yola Angelia, NIM. 1611250038, Judul Skripsi : Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mencegah Bullying dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing 1 : Dr. Zubaedi, M. Ag., M. Pd. Pembimbing 2 : Fatrica Syafri, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran orang tua dan guru, pencegahan bullying, meningkatkan rasa percaya diri. Guru PAUD dan orang tua berperan dalam mencegah bullying dan dan meningkatkan rasa percaya diri dikalangan siswa, upayah mencegah bullying dengan melakukan orang tua berperan sebagai penengah, pengasuh, pengamat, pemberi disiplin, pengawas, penyemangat dan pelindung, tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui peranan orang tua dalam mencegah tindakan bullying pada anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam, 2) untuk mengetahui peranan guru dalam mencegah tindakan bullying pada anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam, 3) untuk mengetahui peranan orang tua dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam dan 4) Untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan informan penelitian guru dan orang tua siswa Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam. Hasil penelitian 1) Peranan orang tua dalam mencegah tindakan bullying pada anak usia dini, adalah dengan pola asuh, kedekatan dengan anak, komunikasi dengan anak, dan komunikasi dengan sekolah 2) Peranan guru dalam mencegah tindakan bullying pada anak usia dini adalah guru sebagai demonstrator dimana guru menjadi teladan dan contoh bagi siswa dalam bersikap, bertutur kata dan berperilaku dalam berinteraksi di lingkungan, pembiasaan perilaku positif, guru sebagai mediator dan fasilitator ialah penumbuhan hubungan positif antara pelaku dan korban, evaluator, peran guru sebagai penasehat diantaranya dengan mendekatkan diri kepada siswa, 3) peranan orang tua dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini adalah orang tua dengan berusaha tua membimbing anak dengan sendiri anak di rumah dan lingkungan, Orang tua memberikan keteladanan bagi anak, orang tua dengan menerapkan metode nasihat kepada anak, dan orang tua mendidik melaui pembiasaan dan latihan di rumah dan 4) peranan orang tua dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini adalah dengan Guru hadir untuk membantu mengembangkan potensi diri siswa, memberi pemahaman tentang kepercayaan diri yang positif dan menangani rendahnya kepercayaan diri siswa dan guru memberikan layanan bimbingan baik dalam jam dan diluar jam pelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua dan guru, pencegahan bullying, meningkatkan rasa percaya diri. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 03:23 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 03:23 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5538 |
Actions (login required)
View Item |