FEBRIANI, RESKA (2020) PENGARUH MODEL OPEN ENDED BERBANTUAN COMPACT DISK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 43 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
SKRIPSI RESKA FEBRIANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nama: Reska Febriani, Desember 2020, judul skripsi : Pengaruh Model Open Ended Berbantuan Compact Disk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 43 Bengkulu Selatan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dra. Khermarinah, M.Pd.I, 2. Zubaidah, M.Us Kata Kunci: Model Open Ended,Compact Disk, HasilBelajarSiwa Penelitian ini dilator belakangi ditemukan adanya permasalahan dalam pembelajaran IPA yaitu kurangnya sarana dan prasarana, kurang tepat pemilihan model pembelajarann, kurang aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model open ended berbantuan compact disk pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 43 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Non Randomize Control Group Pretest and Posttest Design. Populasinya adalah seluruh kelas IV A dan IV B di SDN 43 Bengkulu Selatan. Peneliti ambil sampel kelas IV A dan IV B berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan pendekatan uji-“t”. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Hasil dari pengujian data menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Model Open Ended berbantuan Compact Disk) dengan kelas kontrol (kelas pembanding). Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Nilai kelas eksperimen memiliki rata-rata 79.92 dan kelas control memiliki nilai rata-rata 71.89. Selain itu berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan silebih kecil dari 0.05, yaitu 0.001 < 0.05, maka Ho ditolak dan berarti membuktikan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA melalui Model Open Ended berbantuan Compact Disk pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 43 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Open Ended,Compact Disk, HasilBelajarSiwa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Syari'ah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 03:24 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 03:24 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5539 |
Actions (login required)
View Item |