PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PENYELENGGARAAN TINGKAT SMA)

NUR ROHMAN AHMAD, AHMAD (2021) PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PENYELENGGARAAN TINGKAT SMA). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
lampirann rohman-converted.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Nur Rohman. (1611210017). Judul Skripsi: “Problematika Proses Pembelajaran Di Pondok Pensantren Pancasila Kota Bengkulu (Studi Kasus Penyelenggaraan Tingkat SMA) ”, Skripsi: Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag Pembimbing II : Kurniawan, M.Pd. Masalah yang ditemui dalam proses belajar mengajar di sekolah, sudah tentu banyak sekali macamnya. Mulai dari permasalahan siswa yang sangat sulit mencerna pelajaran yang diberikan oelh guru, sampai permasalahan yang dihadapi guru ketika proses belajar mengajar dikelas saat sedang berlangsung.Di SMA BP terjadi berbagai macam problematika yang ada diantaranya, siswa datang terlambat kesekolah, siswa tidak fokus dalam pembelajaran dan siswa berbicara dengan bahasa yang tidak sopan. Penelitan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa SMA BP Pancasila Kota Bengkulu. Subjek dan informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dewan guru berjumlah 4 orang, dan Siswa dengan jumlah 5 orang dari kelas yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyejian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa problematika proses pembelajaran yang dihadapi oleh SMA BP Pancasila yaitu Problem pada peserta didik, yaitu: 1) kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. 2) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan guru. Problem pada pendidik/guru, yaitu: 1) ketidak dsiplinan guru 2) kurangnya tanggungjawab guru terhadap tugas yang diberikan. Problem pada sarana dan prasarana, yaitu: minimnya sarana dan prasarana sehingga membuat kegiatan pembelajaran tidak efektif dan efisien. Seperti sarana ibadah dan perpustakaan dijadikan satu kelas, Lab IPA yang masih gabung dengan kelas. Sarana praktek IPA yang masih kekurangan peralatan. Kata kunci: Problematika Pembelajaran di SMA BP Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:42
Last Modified: 26 Mar 2021 02:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5541

Actions (login required)

View Item View Item