ANALISIS KEPUASAN ORANG TUA SISWA DALAM LAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BENGKULU

Yuniarsi, Delita (2021) ANALISIS KEPUASAN ORANG TUA SISWA DALAM LAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DELITA YUNIARSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Delita Yuniarsi, Desember 2020, Analisis Kepuasan Orang Tua Siswa Dalam Layanan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I Dr. Buyung Surahman, M.Pd dan Pembimbing II Dayun Riadi, M.Ag. Kata Kunci: Kepuasan Orang Tua dan Layanan Pendidikan. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kepuasan orang tua siswa dalam layanan pendidikan. Kepuasan pelanggan adalah factor utama untuk mengetahui mutu sebuah lembaga pendidikan. Ada lima dimensi layanan pendidikan, yaitu: Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Responsif), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati). Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah (1) Seberapa tinggi tingkat kepuasan orang tua siswa dalam layanan pendidikan di MI Nurul Huda Kota Bengkulu, (2) Bagaimanakah MI Nurul Huda Kota Bengkulu meningkatkan strategi kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa kelas 1A-6A MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Dengan jumlah siswa 461 orang populasi dan yang dijadikan sampel sebanyak 46 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan tingkat kepuasan orang tua siswa dalam layanan pendidikan meliputi dimensi tangibles atau bukti fisik, reliability atau keandalan dan assurance atau jaminan di MI Nurul Huda Kota Bengkulu adalah 75% termasuk dalam kategori “Puas”. MI Nurul Huda Kota Bengkulu meningkatkan strategi mutu layanan pendidikan dan meningkatkan kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan dengan cara: (a) meningkatkan sumber daya manusia sekolah, meliputi tenaga pendidik dan kependidikan yang membantu Kepala Sekolah dalam memajukan kualitas sekolah, (b) Memenuhi sarana dan prasaran sekolah terutama dalam hal kegiatan belajar mengajar. (c) Meningkatkan profesionalisme guru di sekolah, (d) Melakukan kegiatan pembinaan khusus untuk peserta didik berprestasi, (e) Penetapan standar pencapaian nilai untuk mencapai mutu pendidikan, (f) Pengelolaan dana sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepuasan Orang Tua dan Layanan Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:54
Last Modified: 26 Mar 2021 02:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item View Item