PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VI

Safutra, Meltedi (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VI. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Tedi Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Meltedi Safutra. NIM. 1611280004. Skripsi: “Pengaruh Metode Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy Siswa Kelas VII”. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: I. Deni Febrini M.Pd II. Beti Dian Wahyuni, M.Pd.Mat Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Kelas VII dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran open ended terhadap self efficacy siswa Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen (quasi eksperimen), sedangkan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan korelasi hubungan kausal. Sampel dalam penelitian yaitu Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, dan Kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data soal tes dan angket dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas data menggunakan teknik alfa cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus separated varians (uji t). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Kelas VII. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian yaitu thitung > ttabel (3,47 > 2,00) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak; dan 2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran open ended terhadap self efficacy siswa Kelas VII. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian yaitu thitung > ttabel (3,45 > 2,02) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kata kunci: Metode Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:58
Last Modified: 26 Mar 2021 02:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item