IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL AUFA KOTA BENGKULU

WULAN DARI, PUTRI (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL AUFA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Putri Wulan Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Aufa Kota Bengkulu Putri Wulan Dari Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Putriwulandari11ips3@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi nilainilai pendidikan yang dilakukan guru di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu, mengetahui nilai-nilai karakter yang menjadi prioritas di SDIT Al Aufa Kota Begkulu, mengetahui kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan nilainilai pendidikan karakter di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu, mengetahui solusi yang diupayakan untuk menghadapi kendala dalam mengimplementasikan nilainilai pendidikan karakter di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu. Metode yang digunkan yaitu metode kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, guru kelas Iv dan kelas V, guru mata pelajaran tahsin, dan guru ekstrakurikuler sains club dan TU di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru melalui kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar, kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, taekwondo, renang, sains club, tahfiz, dai cilik, dan english club melalui pengenalan nilai karakter itu sendiri kepada siswa, memberikan pemahaman, pengarahan dan pengertian tentang perbuatan yang baik, memberikan contoh teladan dan dilakukan melalui pengulangan atau pembiasaan kepada siswa. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi prioritas yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. (3) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan yaitu kurangnya kesadaran siswa, kesibukan orang tua, serta sarana dan prasana yang masih terbatas. (4) Solusi yang diupayakan untuk menghadapi kendala dalam mengimplementasika nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya memberikan arahan dan motivasi kepada siswa, memberikan hukuman, membangun komunikasi dengan orang tua di rumah pemanggilan orang tua oleh wali kelas. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, kendala, solusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, kendala, solusi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:59
Last Modified: 26 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item View Item