IMPLIKASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ DESA TALANG BENUANG KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA

PUTRA, DEDI (2021) IMPLIKASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ DESA TALANG BENUANG KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Bab I-V_Edit.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dedi Putra, NIM. 1416513080, November, tahun 2020, judul “ Implikasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I: Dr. Suhirman, M.Pd Pembimbing II: Aam Amaliyah, M.Pd Kata Kunci: Implikasi, Baca Tulis, Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa anak-anak belum dapat menguasai baca tulis al-Qur‟an, selanjutnya anak-anak belum menguasai tajwid, metode pembelajaran yang kurang tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di TPQ Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran baca tulis AlQur‟an di TPQ Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif. metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: implikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di TPQ Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma adalah berupa kelancaran dalam membaca dan menulis huruf Al Qur‟an, pelafadzan bacaan dengan benar, serta penerapan ilmu tajwid di kala membaca Al Qur‟an. Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kualitas membaca dan menulis Al‟Quran di TPQ Desa Talang Benuang Kabupaten Seluma, guru melakukan upaya-upaya yang dilakukan. Upaya tersebut dibantu oleh beberapa faktor pendukung seperti kinerja para guru terutama guru yang mengajar Al‟Quran atau Tajwid: 1) Adanya sarana dan prasarana yang memadai; 2) Adanya dukungan penuh dari TPQ; 3) Adanya pelatihan bagi Guru TPQ: 4) Adanya kesadaran para santri dalam belajar; 5) Adanya dukungan dari orang tua santri. Faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan kualitas membaca dan menulis Al‟Quran yakni faktor Hp, setelah pulang mengaji santri lupa akan kewajibanya belajar dirumah sehingga apa yang di pelajari di TPQ sering lupa saat ditanya kembali keesokan harinya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Baca Tulis, Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:09
Last Modified: 26 Mar 2021 03:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item