KONSEP PENDIDIKAN IBADAH THAHARAH MENURUT AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN

A.R Clodia Cindi, cindi (2021) KONSEP PENDIDIKAN IBADAH THAHARAH MENURUT AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CINDI CLODIA A.R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Cindi Clodia A.R NIM 1711210015, 2020, Konsep Pendidikan Ibadah Thaharah Menurut al-Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing I: Prof. Dr. H. Rohimin, S.Ag, dan Pembimbing II: Kurniawan, S.Pd Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana konsep pendidikan ibadah thaharah menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya‟ Ulumuddin?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan konsep pendidikan ibadah thaharah menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya‟ Ulumuddin. Adapun jenis penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang menggunakan data-data yang telah dikumpulkan meliputi teori konsep dan ide, oleh karena itu data yang penulis jadikan sebagai bahan penelitian berasal dari dari sumber tertulis dengan mempelajarinya, menelaah, bahan-bahan kepustakaan yang berkaitan dengan materi pembahasan. Adapun teknik dalam anlisis data peneliti menggunakan analisis isi, analisis deskriptif, dan analisis induktif untuk menarik kesimpulan dari penelitian ini. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: “Konsep pendidikan ibadah menurut al-Ghazali adalah kemampuan pendidik untuk membimbing dan mengarahkan peserta didiknya untuk beribadah atau mendekatkat diri kepada Allah. Al-Ghazali merujuk kepada QS at-Tahrim ayat 6 dan adz-Zariyyat ayat 56. Jadi menurut penulis jika dipahami secara mendalam perkara pendidikan ibadah ini bisa membentuk generasi muda yang jauh lebih berproduktif karena memiliki pendidikan agama sejak dini. Thaharah digunakan al-Ghazali untuk memperoleh ketakwaan kepada Allah karena di dalam kitab Ihya‟ Ulumuddin di jelaskan bahwa untuk memperoleh ketakwaan tersebut harus melalui empat dasar tingkatan dalam mensucikan diri baik secara lahiriah ataupun batiniah antara lain; pertama, mensucikan jasmani terlebih dalu dengan membersihkan diri dari hadas, noda, dan kotoran. Jadi dalam penerapan bersuci tingkat pertama menyucikan jasmani yaitu dengan menghilangan hadas dan najis bisa dilakukan dengan cara berwudhu, mandi, tayamum dan istinja‟. Kata Kunci: al-Ghazali, Konsep Pendidikan Ibadah, Thaharah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: al-Ghazali, Konsep Pendidikan Ibadah, Thaharah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:12
Last Modified: 26 Mar 2021 03:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item