PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON DENGAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 119 BENGKULU UTARA

CHRISMA, CINDRA AGBELIA (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON DENGAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 119 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
bela Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agbelia Cindra Chrisma, NIM. 1611240010. Dengan Judul “ Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson dengan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 119 Bengkulu Utara. Pembimbing I: Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd.. dan Pembimbing II: Dr. Basinun S. Ag, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif tipe Peer Lesson terhadap Hasil Belajar. Penelitian dilatar belakangi bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV yang diasumsikan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson dengan pembelajaran daring lebih baik daripada tanpa menggunakan strategi peer lesson di SDN 119 Bengkulu Utara . Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B berjumlah 23 orang sebagai kelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson lebih baik daripada tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer leson di SDN 119 Bengkulu Utara. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pretest siswa kelas IV A tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson mempunyai rata-rata 35 sedangkan di kelas IV A adalah 38. Dan dapat dilihat bahwa niai pretest kelas IV B paling banyak nilai 33,22-68,78 sedangkan nilai pretest kelas IVA paling banyak anatra nilai 24,55-51,45. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 1,977 dan nilai ttabel untuk df= 44 dengan taraf signifkan 5% adalah 1,680. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1,977 > 1,680).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif tipe Peer Lesson terhadap Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:31
Last Modified: 26 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5578

Actions (login required)

View Item View Item