PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SD NEGERI 21 BENGKULU TENGAH

ANTONIO, EDO (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SD NEGERI 21 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL EDO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Edo Antonio (NIM.1611210036), Oktober, 2020. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SD Negeri 21 Bengkulu Tengah”.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pembimbing 1 Drs. Sukarno,M.Pd dan Pembimbing 2 Saepudin, S.Ag, M.Si. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, PowerPoint, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif PowerPoint Terhadap Hasil Beljar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri 21 Bengkulu Tengah .Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).Hal ini diduga karena pemanfaatan media pembelajaran di sekolah masih belum optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri 21 Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang penulis gunakan dengan pendekatan Kuantitatif, dan jenis penelitiannya Pre Ekperimen Design dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 21 Bengkulu Tengah.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Total Sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik tes dan nontes, teknik observasi dan teknik dokomentasi.Pengolahan data yang penulis gunakan adalah uji ahli, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample test, dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian ada pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri 21 Bengkulu Tengah hal tersebut dapat dilihat dari data hasil analisi instrumen Butir soal dengan cara Uji Hipotesis (Uji paired sample test) maka diperoleh hasil thitung = 14,641> ttabel = 2,052 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan demikian hipotesis (Ha) penelitian ini diterima Ho ditolak dengan hasil hipotesis adanya pengaruh penggunaan Multimedia Intraktif PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 21 Bengkulu Tengah. Dengan hasil nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan dari 62,43 menjadi 76,07.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, PowerPoint, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:31
Last Modified: 26 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item