PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XII MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU

NI'MATUL FAJRIYYAH, ELFI (2021) PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XII MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELFI NI'MATUL FAJRIYYAH NIM.1811210264.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur‟an terhadap prestasi belajar siswa di MA Hidayatul Qomariah Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 Juni sampai 8 Agustus 2020 di MA Hidayatul Qomariah Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MA Hidayatul Qomariah Kota Bengkulu. Uji validitas instrumen menggunakan SPSS 16 dengan cronbach‟s Alpha. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik total sampling. Dan analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca Al-Qur‟an berpengaruh kecerdasan spiritual siswa. Hal ini dibuktikan bahwa berdasarkan thitung sebesar 4,146 sedangkan ttabel sebesar 2,042 pada taraf signifikan 0.008. berdasarkan hasil tersebut thitung lebih besar dari pada ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar sebesar 43,8% sedangkan sisanya 56,2% dipengaruhi oleh pengaruh oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an, Prestasi Belajar
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:41
Last Modified: 26 Mar 2021 03:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5596

Actions (login required)

View Item View Item