Laini, Maida (2021) IMPLIKASI PEMANFAATAN GAME ONLINE DALAM PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMAN 1 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
PDF SKRIPSI MAIDA SIAP CETAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maida Laini, November 2020, judul skripsi “Implikasi Pemanfaatan Game Online dalam Penanaman Karakter Peduli Sosial Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMAN 1 Seluma”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1.Dr.Zubaedi,M.Ag, M.Pd, 2. Hengki Satrisno, M. Pd. I. Kata Kunci: Game Online, Karakter Peduli Sosial Siswa Di zaman yang modern ini game online sudah tidak asing menjadi permainan umum kaum remaja.Hal ini juga terjadi di SMAN 1 Seluma. Dari hasil pengamatan peneliti terlihat beberapa orang siswa yang sibuk dan terlalu fokus bermain game online yang mereka mainkan, sehingga sikap peduli sosial siswa menjadi kurang baik seperti kurang memperhatikan pelajaran yang sedang berlangsung, tegur sapa dengan ligkungan sekitar sekolah kurang berjalan dengan baik sehingga mereka sibuk dengan dunia mereka sendiri. Dari masalah tersebut perlunya penanaman karakter peduli sosial siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui Implikasi Pemanfaatan game onlinedalam penanaman karakter peduli sosial siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 1 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research)dengan metode kualitatifdeskriptif. Subjek dan Informan dalam penelitian ini siswa kelas XI SMAN 1 Seluma yang suka bermain game online, guru PAI kelas XI SMAN 1 Seluma, kepala sekolah SMAN 1 Seluma, Siswa kelas XI SMAN 1 Seluma. Hasil penelitian menyimpulkan bahwagame onlineterbukti telah berakibat pada merosotnya karakter peduli sosial siswa.Melalui peran dan upaya sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Seluma. Pran penting yang dilakukanguru agama islam agar dapat mendidik dan membina siswa supaya mata pelajaran agama islam itu tidak hanya sampai secara teori melainkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga siswa mempunyai rasa peduli sosial yang tinggi. Hal ini dapat dilihat pada wawancara dari teman sepaya siswa bahwansannya Game Online itu berakibat pada rasa dan sikap peduli sosial siswa seperti contoh pada saat temannya menjelaskan pesan dari guru seputar pelajaran namun beliau terlihat tampak tidak peduli dengan temannya sendiri hal ini karena siswa terlalu fokus pada game online sehingga tidak memperdulikan lingkungan sekitarnya, dan hal ini juga di sadari oleh siswa sendiri jika beliau terlalu banyak bermain gamen online. Namun dari peran dan upaya seperti yang dijelaskan oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Seluma dengan cara membuat jam istirat yang singkat serta pengawasan guru dan aturan sekolah yang ketat, siswa SMA Negeri 1 Seluma belum melampaui batas dan belum termasuk pecandu Game Online
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Karakter Peduli Sosial |
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 03:42 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 03:42 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5602 |
Actions (login required)
View Item |